KH.ABDUR RAHMAN WAHID

KH ABDUR RAHMAN WAHID YANG BIASA DISAPA GUSDUR ADALAH TOKOH NASIONAL DENGAN BERBAGAI PREDIKAT - SEBAGAI ULAMA BESAR, BAPAK KERUKUNAN UMAT BERAGAMA - BAPAK LSM - JURNALIS DAN BERBAGAI SEBUTAN LAINNYA

Minggu, 10 Januari 2010

Gus Dur Manusia di atas Manusia

Gus Dur, Manusia Diatas Manusia
Masih ingat di memory kita, bagaimana seorang Gus Dur menyikapi setiap peristiwa yang dialami anak negeri ini, mulai isu tukang pijit hingga kasus ngebornya Inul Daratista, mulai yang ringan hingga masalah pelik, semua diselesaikan dengan enteng, dengan gaya khasnya "gitu saja ko' repot !"Gus Dur adalah sosok Gus yang melebihi Gus itu sendiri, analisa masalah yang sering dilontarkan bukannya sengaja dibuat kontroversi agar menjadi sebuah isu tenar dan populis, melainkan benar-benar pemahaman kehidupan yang hakiki, beliau sudah mempunyai pemahaman yang tidak dipahami oleh kebanyakan manusia.
Saya tidak bermaksud untuk mengkultuskan sosok individu dari seorang Gus Dur, beliau tetap sama dengan kita, manusia biasa yang suka dengan makanan, humor, politik dan semua pernak-pernik peri kemanusiaan. Yang membedakan adalah ilham beliau tentang kehidupan ini, baik dunia maupun akhirat.Gus Dur telah menyederhanakan teori kehidupan, mempemudah jalan kehidupan, menjadi sosok panutan ummat. Disaat para Ustadz dan Kyai sibuk melakukan Poligami, beliau cukuplah satu. Disaat semua orang mengutuk Israil, Gus Dur malah berkunjung ke negerinya kala itu, disaat semua negara menghujat Israil karena melakukan penyerangan ke Gaza, lagi-lagi Gus Dur menjelentrehkan duduk permasalahannya, Beliau adalah Kyai Presiden sekaligus Presiden Kyai yang pernah dimiliki oleh negeri ini.

Sehingga bagi orang-orang yang telah mengenal Gus Dur dan bisa memahaminya akan lebih mengerti makna kehidupan ini dengan lebih bijak dan santun, mengambil sisi kehidupan sesuai porsinya. Sedang bagi mereka yang masih hitam putih, sangat sulit untuk menerima jalan pikiran Gus Dur, bahkan cenderung bingung. Itulah Kyai Haji Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, manusia diatas manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar